Jumat, 18 September 2015

MENGENAL KOMPONEN KOMPUTER DAN FUNGSINYA...

KOMPONEN KOMPUTER DAN FUNGSINYA
 
Komponen Komputer Dan Fungsinya Masyarakat modern saat ini kian mengenal perangkat elektronik canggih bernama komputer. Bagaimana tidak, di setiap sudut  kota kerap terlihat toko komputer. Belum lagi di internet juga sudah banyak tersebar berbagai toko komputer online.

Hal ini tentu membuka mata masyarakat umum untuk mengenal lebih dalam tentang komputer. Pada dasarnya, komputer dapat berfungsi apabila terdapat beberapa perangkat khusus yang dinamakan sebagai komponen komputer.
 
komponen komputer

 
Dalam hal ini, komponen komputer kerapkali diperbincangkan pada saat belajar komputer untuk pemula. Lebih tepatnya pada sesi pengenalan mengenai komponen komputer dasar dan advance. Komponen komputer itu sendiri terdiri atas beberapa perangkat dasar.

Sejumlah perangkat tersebut kemudian membentuk suatu kesatuan yang berfungsi secara bersamaan. Dari sinilah komputer mulai beroperasi untuk menjalankan program-program tertentu.

Mengingat peran komponen komputer yang cukup besar, maka anda pun sangat perlu mengenalinya. Untuk itu akan penulis sajikan kepada pembaca mengenai apa saja yang termasuk komponen komputer. Berikut ini adalah daftar komponen komputer yang dapat anda jadikan referensi belajar komputer online.


- Prosesor – Komponen ini merupakan komponen paling fundamental dalam komputer. Sebab, prosesor berfungsi sebagai penerima instruksi yang kemudian mengerjakan pemrograman dan perhitungan kemudian diteruskan ke perangkat lain untuk transfer data.

- Motherboard – Komponen ini berfungsi sebagai tempat berhubungnya satu komponen dengan komponen lainnya. Hal itu ditujukan untuk keperluan saling bertukar informasi dan menjalankan program khusus.

- Power supply – Komponen bernama power supply ini berfungsi untuk memberi suplai arus listrik ke komponen komputer yang lain agar dapat bekerja secara maksimal.

- Hardisk – Komponen komputer yang satu ini memiliki kegunaan untuk menyimpan data-data pengguna. Semakin besar kapasitasnya maka akan semakin bagus. Selain itu komponen ini juga memiliki peran penting dalam menunjang kinerja komputer.

- RAM – Hampir sama dengan hardisk, namun RAM lebih condong ke penyimpanan data secara sementara. Artinya, hanya menyimpan data yang kemudian ditransfer ke komponen lain sehingga tidak menyimpannya secara permanen.

- Monitor – Berfungsi untuk menampilkan visual yang dihasilkan dari video card. Saat ini monitor yang gemar dipakai masyarakat adalah monitor LCD.

- Keyboard – Papan ketik dengan sejumlah tombol khusus untuk mengetikkan suatu perintah.

- Mouse – Alat output yang bentuknya menyerupai tikus dengan kegunaan untuk menggerakkan kursor pada layar monitor.

Nah, itu tadi adalah beberapa komponen komputer secara dasar yang perlu anda ketahui bagi yang ingin belajar komputer. Masih banyak lagi komponen komputer yang dibutuhkan untuk mengoperasikan komputer, namun setidaknya dengan ulasan di atas anda dapat memahami dan mengerti terlebih dahulu.

Itu saja yang dapat saya bagikan tentang Komponen Komputer, semoga bermanfaat. Akhir kata Terima kasih atas kunjungannya ke Blog ini...

1 komentar: