Sabtu, 19 September 2015

APA ITU HTML...

HTML(Hypertext Markup Language)


HTML(HyperText Markup Language) adalah bahasa markah/kode yang digunakan untuk menampilkan objek atau data di halaman web. HTML merupakan salah satu bahasa pemrograman client side dan digunakan untuk membuat web baik statis maupun dinamis. Dalam pembuatan web dinamis HTML harus dilengkapi PHP yang merupakan script untuk mengolah datanya.
Berbagai macam teknologi (seperti CSS, JAVASCRIPT, FLASH, AJAX, JSON dapat digunakan untuk mendefinisikan elemen dari sebuah halama web. Akan tetapi, pada level paling rendah, sebuah halaman web didefinisikan dengan menggunakan HTML (HyperText Markup Language). Tanpa HTML maka tidak akan ada halaman web.





Sejarah HTML

Di akhir tahun 1980an, Tim Berners-Lee bekerja sebagai seorang physicist di CERN (Sebuah Organisasi untuk research nuklir di eropa). Beliau merancang sebuah jalan bagi para scientis untuk berbagi dokumen melalui internet. Sebelum invensi ini, komunikasi melalui internet hanya terbatas pada dokumen teks biasa menggunakan beberapa teknologi seperti email,, FTP (File Transfer Protocol), dan Panel diskusi berbasis Usenet. Invensi dari HTML memanfaatkan model dan konten yang disimpan dalam server pusat yang dapat ditransfer dan ditampilkan pada workstation lokal melalui browser. Invensi ini menyederhanakan akses terhadap konten dan memungkinkan untuk menampilkan konten yang "kaya" (seperti  pemformatan teks yang mutakhir dan menampilkan gambar).

Saat ini, versi html sudah mencapai pada versi HTML 5 yang distandarkan pada 2008. Versi sebelumnya adalah HTML, HTML 2.0(22 september 1995), HTML 3.2(14 Januari 1996), HTML 4.0(18 Desember 1997), HTML 4.01(24 Desember 1999), ISO HTML (15 Mei 2000).

Setiap peng-update-an versi pada html ditambahkan tag-tag baru untuk memperlengkap objek dalam halaman web yang dibuat. Perkembangan HTML ini tentu saja sangat erat kaitannya dengan perkembangan Browser karena pada dasarnya browserlah yang menerjemahkan perintah-perintah dari kode-kode html menjadi objek yang diinginkan.

Setiap halaman website yang anda buka(termasuk halaman ini), terstruktur dari kode-kode html. Coba saja anda tekan CTRL + U (di firefox), atau klik kanan > view page source/ view source. Disitu akan ditampilkan script HTML yang membangun halaman web itu. Karena itu, setiap halaman web pasti berformat .html jika di download.

Untuk membuat file .HTML, anda bisa menggunakan notepad atau source code editor Struktur kode html, dibagi menjadi beberapa bagian seperti dibawah ini :

<!Doctype html> <!-- merupakan deklarasi html (dalam hal ini HTML5) -->
<html>
<head>
<title>Ini Judul Halaman Web</title>
<!-- Di sini biasanya dimasukkan tag-tag html untuk menyertakan/memanggil file lain untuk melengkapi halaman. Seperti file css dan javascript. -->
</head>
<body>
Ini untuk isi dari halaman web, terdiri dari kode-kode html lainnya yang lebih kompleks
</body>
</html>
Selanjutnya,
 Yang dituliskan dibawah ini adalah contoh dokumen HTML sederhana. Anda dapat meng-copy codenya ke dalam teks editor, simpan dengan nama file myfirstdoc.html dan bukalah dengan browser. Pastikan Anda menyimpannya dengan character encoding UTF-8. Karena dokumen ini tidak menggunakan style maka dokumen ini akan terlihat sangat polos, tapi ini hanyalah tahap awal.

<!DOCTYPE html>
<html lang="en">
<head>
  <meta charset="utf-8" />
  <title>A tiny document</title>
</head>
<body>
  <h1>Main heading in my document</h1>
  <!-- Note that it is "h" + "1", not "h" + the letter "one" -->
  <p>Loook Ma, I am coding <abbr title="Hyper Text Markup Language">HTML</abbr>.</p>
</body>
</html>
Cobalah copy kan kode diatas pada notepad, lalu save-as sebagai file .html. Bukalah di browser, maka anda telah membuat sebuah halaman web baru.

Itu saja yang dapat saya bagikan tentang Pengertian HTML, semoga bermanfaat. Akhir kata Terima kasih atas kunjungannya ke Blog ini...

1 komentar: